Minggu, 08 Agustus 2010

Menguak Lebih Dalam Tentang Internet

Seperti yang telah banyak saya jabarkan sebelumnya, berikut ini kita akan mempelajari lebih banyak serba serbi tentang internet.


Internet telah membawa revolusi besar pada dunia komunikasi dan komputer.Internet dengan berbagai kapabilitas dan aneka layanan yang disuguhkannya segera menjangkau seluruh pelosok dunia dalam waktu relatif singkat, suatu melkanisme penghamburan informasi, media kolaborasi dan interaksi di antara individu dan computer tanpa terbatas lokasi goegrafis dan waktu.

A. Apa itu Internet?
Internet terbentuk oleh jutaan computer yang terhubung bersama dari seluruh pelosok dunia, memberi jalan bagi informasi untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama selama 24 jam sehari. Komputer-komputer ini dapat berada di rumah, kantor, sekolah, departemen pemerintah, universitas dan lainnya. Internet sering di definisikan sebagai a network of networks karena jaringan lebih kecil yang dimiliki organisasi atauperorangan bergabung menjadi satu sehingga membentuk satu jaringan raksasa.

Sejarah Internet.
Internet berawal dari buah pemikiran inovatif Advanced Researech Projects Agency (ARPA) yang menciptakan ARPANET pada penghujung taun 60-an, sebuah agensi Departement of Deence (DoD) AS yang mensponsori pengembanagn suit protocol TCP/ IP. ARPA selanjutnmya berganti menjadi DARPA atau Defence Advanced Research Project Agency. Sekitar tahun 173, DARPA bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan institusi reset, memulai program riset untuk menginvestigasi teknik ddan teknologi yang mamapu menyatukan paket-paket jaringan dalam beragam bentuk. Sasaran utamanya adalah mengembangkan protocol komunikasi yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi secara transparan melintasi multi paket jaringan yang terhubung, Ini dikenal dengan “the Internetting project” dan “the system of networks”, yang kemudian melahirkan “Internet”. Pada periode berikutnya pengembanagan Internet semakin serius dan terbuka. Saat ini ribuan partisipasian, baik organisasi, vendor, maupun individdu dari berbagai belahan dunia turut terliibat di dalamnya.

METODE KONEKSI INTERNET

B. Koneksi Dial-Up Koneksi Dial-Up merupakan metode koneksi paling dasar dan cocok untuk pelanggan rumah, biasanya menggunakan line telepon standar dihubungkan ke sebuah device modem. Modem ini mentranlasi sinyal-sinyal telepon analog ke sinyal-sinyal digital.Perangkatnay dapat beruap card-card PC internal ataupun eksternal.kecepatan download atau tranmisi informasi bervariasi,standaranya adalah 56kbps(untuk download)33.6kbps(untuk upload).


C. Koneksi Permanen
1. Leased line Koneksi line telepon yang berjalan permanent 24-jam/hari untuk memberikan akses konstan ke Internet. Di kenal dengan dedicated line.Untuk kapasitas bandwith luas dan beragam, mulia 64kbps sampai xMbps.
2. ADSL ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line) adalah teknologi koneksi broadband yang menggunakan line telepon normal. Ide utama tenologi ini untuk ‘mencacah’ sinyal line telepon menjadi dua bagian: untuk suara dan data. Teknologi ADSL mampu bekerja pada kecepatan download hingga 8Mbps.
3. Cable TV Semula dikenal dengan Community Antena Television (CATV). Suatu layanan koneksi intenet melalui jaringan cable TV, kecepatan download hingga 10Mbps dan kecepatan upload 2Mbps/10 Mbps.
4. Fixed wireless dan Satellite access
Teknologi Fixed wireless tergolong komunikasi point-to-point melalui media udara di antara device-devide tak bergerak (stationary).Layanan ini sedikit lebih mahal dibanding ADSL dan cable TV, namun mampu menjangkau area remote yang luas yang sulit diwujudkan melalui tenologi line telepon normal.
5. Intenet Servis Provider (ISP)
Adalah perusahaan (dapat berupacommunica tion- carrier) yang menawarkan layanan akses Internet untuk para pelanggan , baik individual tau organisasi/perusahaan.



DOMAIN INTERNET.
Domain merupakan subdivision address Internet, nama unik yang megidentifikasikan sebuah situs Internet. Nama domain terdiri dari 2 bagian atau lebih, yang dipisahkan oleh titik(“.”). Secara umum ada beberapa tipe domaian Internet, di

antaranya:

.com = perusahaan/organisasi komersial .org = organisasi non-profit
.edu = institusi pendidikan
.net= provider jaringan/internet
.gov = lembaga pemerintah
.mil = militer.

Secara lebih spesifik, nama domain jug adapat mengidentifikasi negara, dalam bentuk dua karakter kode negara.Kode negara ini dibubuhkan pada address standar, dan hanya dibuuhkan jika target domaian negara berbeda dari negara asal, contoh: .id = Indonesia .my = Malaysia .jp = Japan .de = Jerman Domain Name System (DNS) Adalah metode yang dipakai situs-situs Internet untuk mengonversi address Internet dalam bentuk mnemonic, sepertilabs.mycampus.ac.id ke bentuk numeric ekivalen Ip address seperti 123.34.56.7

APLIKASI INTERNET

D. WWW World Wide Web(WWW, W3 atau “the Web”) adalah layanan yang paling popular di antara layanan Internet lainnya, merupakan kesatuan server-server infomasi yang terhubung bersama melalui sebuah bahasa yang dikenal hypertext. User cukup megarahkan dan megeklik link-link yang tersedi untuk mengaksesnya. Tesedia banyak software untuk user-user diantaranya adalah Netscape Navigator, Microsoft Internet Explorer, Lynx, Opera, Mosaic. E. Electronic Mail (E-mail) E-mail adalah suatu system di maa user dapat saling bertukar pesan elektronik melalui computer yang terkoneksi jaringan/internet. Untuk dapat saling berkirim pesan user harus terlebih dahulu harus memiliki sebuah account e-mail yang diperoleh dari Internet Service Providr atau administrator jaringan bersangkutan. Ketika account sudah dibuat,user diberiakn sebuah e-mail address seperti (nama_user@somesite.com). Beberapa terminology dalam system-sistem email diantaranya: • E-mail address • Sender • Recipient • Mailbox • Mail Transport Subsytem • Mail agent • Recipient’s mail agent • Mail Client • Mail Server • SMTP • ISP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar